This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Wednesday 24 February 2016

Panduan Alih Tugas Tambahan di SIMPATIKA

Sesuai peraturan pada KMA nomor 103 Tahun 2015 , maka PTK yang memilik tugas tambahan maka akan memperoleh penambahan jumlah jam mengajarnya. Untuk itu, silakan lakukan prosedur Alih Tugas Tambahan agar PTK yang memiliki Tugas Tambahan dapat tercatat JJMnya pada sistem SIMPATIKA KEMENAG.  Berikut panduan Alih Tugas Tambahan yang dilakukan oleh Admin/Operator Sekolah :
  1. Login sebagai operator sekolah pada http://simpatika.kemenag.go.id/ LOGIN PTK-ADMIN
  2. Pada dasbor layanan akun, pilih layanan SIMPATIKA SEKOLAH. simpatika sekolah
  3. Selanjutnya pada dasbor operator pilih menu Pendidik & Tenaga Kependidikan >> Direktori PTK >> Tugas Tambahan >> Daftar Pejabat Sekolah klik daftar pejabat sekolah
  4. Selanjuntya, pada halaman Daftar Tugas Tambahan, klik tombol [+] seperti pada gambar dibawah ini.klik tombol plus
  5. Pada daftar PTK yang muncul, pilih PTK yang akan diset tugas tambahannya.pilih ptk
  6. Silakan isi data dan jabatan tugas tambahan PTK tersebut sesuai dengan SK Pengangkatannya, jika telah sesuai klik Simpan.
    isi data tugas tambahan
  7. Aplikasi berhasil menyimpan data Pengajuan Tugas Tambahan PTK. Terkait kebutuhan arsip, Anda dapat melakukan Cetak Surat Tanda Bukti Pengajuan Tugas Tambahan dengan klik tombol Cetak.  Selanjutnya Anda wajib menyerahkan surat tersebut ke Kantor Kemenag setempat untuk diajukan Persetujuan Alih Tugas Tambahan oleh Admin/Operator Mapenda Kota/Kabupaten. s30a
Catatan : 
  1. Ulangi langkah diatas untuk menset tugas tambahan guru lainnya.
  2. Sesuai KMA no 103 Tahun 2015, jika rombel <9 hanya bisa mengangkat maksimal 3 wakil kepala sekolah , dan >= 9 rombel bisa mengangkat maksimal 4 wakil kepala sekolah.
  3. Sesuai KMA no 103 Tahun 2015 kepala perpustakaan hanya bisa diangkat 1 orang.
  4. Untuk Guru Piket, Ko-Kurikuler, Ekstra Kurikuler, penambahan jam tambahan melalui prosedur edit ekuivalensi, klik disini untuk melihat panduannya.
  5. Untuk perhitungan jam tambahan sebagai wali kelas, melalui prosedur set wali kelas, klik disini untuk melihat panduannya.

Persyaratan Pencairan Dana BOS dan Kuota Penerimaan triwulan I Tahun 2016

Berdasarkan Hasil Workshop Juknis BOS Tahun 2016 tanggal 17 Pebruari 2016 oleh Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur dan Juknis BOS bagi MI, MTs dan MA Tahun 2016, maka untuk melengkapi persyaratan Pencairan dana BOS, diperlukan hal-hal sebagai berikut:
  • CHEKING
  1. Dimohon kepada setiap Madrasah untuk mengecek apabila terdapat kesalahan pada penulisan Nama beserta Nomor rekening dan NPWP, (blok MERAH Rekening OFF tidak perlu diganti dan Hanya Blok KUNING yang harus diisi) 
  2. Bagi Madrasah yang belum mengumpulkan foto copy rekening dan NPWP segera dikumpulkan paling lambat hari Senin Pagi tanggl 22 Pebruari 2016, pukul 09.00 WIB
  • SYARAT PENCAIRAN
  1. Madrasah Harus menyerahkan LPJ BOS bulan Juli-Desember Tahun 2015 yang berisi : SPTJ Belanja (form BOS-07B), Surat Pernyataan Penyelesaian Pekerjaan (form BOS-08), Surat Pernyataan Penyimpanan Dokumen (form BOS-07B),  dibuat dalam satu bendel berkas
  2. Lembaga/Madrasah harus membuat RKAM (disesuaikan tahap Pencairan yaitu untuk bulan Januari-Maret 2016 dan KEBUTUHAN MADRASAH), SPK, SPTJM dan Kuitansi Penerimaan Bantuan Operasional Sekolah (Form terlampir) dibuat rangkap 2 sesuaikan dengan KUOTA Tahun 2016 dan
  3. Berkas dijilid (di plong) per lembaga
  4. Catatan : Untuk membuat Rencana kebutuhan Madrasah dalam 1 (satu) tahun anggaran harus terdapat 8 standar pendidikan dan 13 item pembiayaan
Demikian surat ini dibuat atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

Download Surat Edaran

Download Kuota BOS MI

Download Kuota BOS MTs

Download Kuota BOS MA

Download Format Chek No.Rekening dan NPWP

Format SPK, SPTJM, SSP, dan Kwitansi untuk BOS Tahun 2016

Dibawah ini kami sampaikan format SPK (Surat Perjanjian Kerjasama), SPTJM (Surat Pertanggung Jawaban Mutlak), SSP (Surat Setoran Pajak), dan Kwitansi. Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terimakasih.

Download Format Disini

Cara Set Tugas sebagai Wali Kelas diakui sebagai jam tambahan sesuai KMA 103

Tugas sebagai Wali Kelas diakui sebagai jam tambahan sesuai KMA 103 . Untuk mengatur PTK/Guru sebagai wali kelas pada Simpatika,  silakan ikuti panduan singkat berikut :
  1. Login sebagai Admin/Operator sekolah pada layanan SIMPATIKA. LOGIN PTK-ADMIN
  2. Pilih layanan Simpatika Sekolah . simpatika sekolah
  3. Selanjutnya, pada dasbor operator sekolah pilih menu Sekolah >> Kelas >> Daftar Kelas. pilih menu daftar kelas
  4. Akan ditampilkan daftar kelas yang telah dibuat/ditambahkan sebelumnya (Klik untuk melihat Panduan Membuat atau Set Kelas/Rombel).
    (Catatan : Set Wali Kelas juga dapat dilakukan saat membuat kelas baru, klik disini untuk melihat panduannya. )
  5. Selanjutnya, tentukan kelas yang akan diset wali kelasnya, pada kanan nama kelas, klik seperti pada gambar di bawah ini dan pilih Edit Kelas.
    edit kelas
  6. Pada tampilan baru yang muncul, klik tombol Pilih Wali. klik pilih wali
  7. Selanjutnya, pilih Guru yang akan dijadikan wali kelas pada kelas tersebut. PILIH GURU SBG WALI
  8. Cek data, jika sudah sesuai klik SimpanCEK DAN KLIK SIMPAN
  9. Guru berhasil diset sebagai wali kelas. DATA WALI KELAS

Cara Mengisi Kompetensi Madrasah/Sekolah SIMPATIKA

Kompetensi Madrasah/sekolah merupakan menu yang menampilkan bidang keahlian / kejuruan untuk MAK/SMK, kompetensi Madrasah/sekolah merupakan salah satu alasan siswa untuk melakukan pendaftaran di sekolah tujuan. Langkah – langkah untuk menambah kompetensi  Madrasah/sekolah adalah sebagai berikut :
  1. Klik menu lihat daftar kompetensi sekolah
kompetensi sekolah 1
       2 . Klik ikon tambah(plus) untuk menambahkan keahlian baru
kompetensi sekolah 2

3 . Pilih dan isikan yang disediakan, untuk Kode tidak wajib. Tingkat mulai adalah tingkat dimulainya kompetensi keahlian, contoh :
– untuk SMK kompetensi Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio dimulai tingkat 10, maka otomatis tingkat 11 dan 12 juga akan mendapatkan kompetensi tersebut (sehingga tidak perlu menambahkan kompetensi lagi untuk tingkat 11 dan 12)
– untuk SMA kompetensi IPA/IPS/Bahasa dimulai tingkat 11 maka otomatis tingkat 12 juga akan mendapatkan kompetensi IPA tersebut
Jika sudah selesai dan sesuai, klik tombol simpan
kompetensi sekolah 3

Panduan Edit Jam Tambahan (Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan bagi Guru)

Ekuivalensi memberikan jam tambahan kepada Guru yang mempunyai tugas tertentu. Bagi guru yang memiliki tugas tertentu seperti Pembina OSIS, Pembina kegiatan ekstrakurikuler, Guru Piket maupun guru dengan beban pembelajaran Ko-Kurikuler akan mendapatkan tambahan jumlah jam mengajar.
Untuk Referensi ekuivalensi khusus kemenag diatur pada KMA 103 yang dapat diunduh di :
tombol-unduh
Berikut panduan untuk edit ekuivalensi kegiatan pembelajaran pembimbingan bagi guru yang dilakukan oleh Admin/Operator Madrasah/Sekolah:
1. Login sebagai Admin/Operator Madrasah/Sekolah pada layanan http://simpatika.kemenag.go.id/ LOGIN PTK-ADMIN
2. Pilih menu Sekolah >> Jadwal >> Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan bagi Guru. 
menu edit ekuivalensi
3. Pada dasbor Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan bagi Guru, klik tombol plus (+) untuk menambah data baru.
tambah
4. Pada kotak dialog yang muncul, tentukan guru yang akan diset ekuivalensinya, selanjutnya tentukan jenis tugasnya dan set jumlah jam pelajarannya.  Pastikan Anda juga mengisi catatan tambahan (dapat berupa keterangan tugas tersebut), jika sudah sesuai klik Simpan. 
isi data
5. Selesai, data baru berhasil ditambahkan.
data baru

Panduan Lengkap PENGATURAN JADWAL KELAS MINGGUAN SIMPATIKA

Jadwal kelas mingguan berisi informasi jadwal kegiatan belajar mengajar di madrasah/sekolah, seperti jadwal mata pelajaran perkelas tiap minggunya. Berikut urutan prosedur dalam penyusunan jadwal kelas mingguan :
i. Menetapkan Kompetensi di Profil Sekolah (khusus MA/SMA dan MAK/SMK).
ii. Sinkronisasi Mata Pelajaran Nasional pada setiap tingkat sesuai kurikulum yang ditetapkan.
iii. Menyusun Mata Pelajaran Jenis Muatan Lokal
iv. Pengaturan data siswa (opsional)
v. Menyusun Kelas-Kelas pada setiap tingkat.
vi. Mengatur model (template) kelas.
vii. Menyusun Jadwal Kelas Mingguan.
Untuk pengaturan Jadwal Kelas Mingguan, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :
i. Menetapkan Kompetensi di Profil Madrasah/Sekolah (khusus SMA/MA dan SMK/MAK). 
Sebelum melakukan sinkronisasi data untuk jenjang MA/MAK dan SMA/SMK pastikan sudah mengisikan Kompetensi Sekolah, lihat panduannya >> KLIK DISINI <<)
ii. Lakukan Sinkronisasi Mata Pelajaran dengan Kurikulum Nasional
Ikuti langkah-langka berikut untuk men-set kurikulum yang Anda terapkan pada madrasah/sekolah Anda dan lakukan Sinkronisasi Mata Pelajaran dengan Kurikulum Nasional :
1. Pada menu Sekolah, pilih Kurikulum.
menu kurikulum
2. Selanjutnya, pada Dasbor Kurikulum,  pilih menu Daftar Mata Pelajaran.
daftar mapel
3. Selanjutnya pilih kurikulum, klik tombol Pilih Kurikulum, dan tentukan kurikulum yang akan diterapkan. (KTSP/ Kurikulum 2013).
daftar mapel-pilih kurikulum
4. Lakukan sinkronisasi mata pelajaran dari kurikulum nasional kedalam kurikulum yang Anda pilih, klik tombol Sinkronisasi Data.
(PERHATIAN! Sebelum melakukan sinkronisasi data untuk jenjang MA/MAK pastikan sudah mengisikan Kompetensi Madrasah/Sekolah, lihat panduannya >> KLIK DISINI <<)
daftar mapel-klik sinkronisasi
5. Pilih Tingkat Mata Pelajaran yang akan di sinkronisasi. Singkronisasi Mata Pelajaran digunakan untuk menyalin Mata Pelajaran yang sudah tercatat pada sistem. Daftar Mata pelajaran yang disalin sesuai dengan pilihan tingkat yang dipilih. Klik Lanjut jika sudah sesuai.
daftar mapel-sinkronisasi kurikulum nasional
6. Konfirmasi Mata Pelajaran, jika telah sesuai klik Simpan >> Ok. 
daftar mapel-sinkronisasi - simpan
7. Berikut hasil dari sinkronisasi mata pelajaran dengan kurikulum nasional. Untuk menambah atau membuat mata pelajaran baru, klik tombol [+] seperti pada gambar.
daftar mapel-setelah disinkronisasi
8. Isi data Mapel yang diinginkan, klik Simpan jika telah sesuai.
buat mapel baru
Berikut hasil penambahan mapel baru tersebut :
hasil penambahan mapel baru
9. Sedangkan untuk mengelola daftar mata pelajaran Muatan Lokal, baik menambah atau mengedit muatan lokal, silakan kembali pada Dasbor Kurikulum dan pilih menu Daftar Muatan Lokal. 
daftar mulok
10. Selanjutnya, Anda akan dialihkan pada halaman dasbor Muatan Lokal. Tentukan terlebih dahulu kurikulum yang akan diterapkan.
daftar mulok-tentukan kurikulum yg digunakan
11. Untuk menambah Muatan Lokal baru, silakan klik tanda Plus (+) seperti pada gambar berikut :
daftar mulok-daftar mulok baru
12. Isi data Muatan Lokal baru tersebut, jika sudah benar klik Simpan. 
daftar mulok-isi data mulok baru

iii. Pengaturan Data Siswa (Tambah Siswa)
Untuk mengolah atau mengatur data siswa, baik menambah atau mengedit siswa, silakan menuju tautan berikut, klik untuk melihat Panduan Tambah Siswa.
iv. Set Kelas / Rombel
Ikuti langkah berikut untuk set kelas/rombel :
1. Pada menu Sekolah, pilih submenu Kelas. 
2. Selanjutnya pilih Daftar Kelas pada dasbor kelas.
Kelas-daftar kelas
3. Akan ditampilkan daftar kelas yang pernah Anda buat sebelumnya.
4. Untuk membuat kelas / rombel baru, silakan klik tombol [+] seperti pada gambar dibawah ini.
Kelas-klik bat kelas baru
5. Isi data kelas/rombel baru tersebut pastikan Anda tidak lupa set wali kelas (set Wali Kelas juga dapat dilakukan pada kelas existing, klik disini untuk melihat panduannya.)
KLIK PILIH WALI KELAS
klik Simpan jika sudah sesuai.
CEK DAN KLIK SIMPAN buat kelas
6. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman baru, yaitu halaman untuk mengisi Peserta Kelas kedalam kelas/rombel baru yang baru saja Anda buat. Klik tombol [+] untuk memulai memasukan peserta kelas kedalam kelas tersebut.
Kelas-klik masukan siswa
7. Pada kotak dialog yang muncul, akan ditampilkan daftar siswa yang dapat ditambahkan kedalam kelas baru tersebut. Ikutii langkah seperti pada gambar dibawah ini.
Kelas-pilih dan tambah siswa
8. Selamat kelas/rombel baru yang telah Anda buat telah memiliki peserta kelas.
Kelas-daftar peserta kelas baru

v. Buat Model Jadwal Baru (template jadwal)
Sebelum Anda membuat jadwal kelas mingguan, tentukan dahulu model jadwal yang akan digunakan pada masing-masing kelas. Ikuti langkah berikut untuk menset model jadwal maupun membuat model jadwal baru :
1. Pilih submenu Jadwal pada menu Sekolah.
2. Pada dasbor Jadwal, pilih Kelola Model untuk Jadwal Kelas.

jadwal-klik Kelola Model untuk Jadwal Kelas
3. Pada halaman baru yang muncul, klik tombol Buat Model baru. 
jadwal-klik buat model baru
4. Isi data Model Jadwal Baru. Klik Simpan jika sudah sesuai.
jadwal-isi data model jadwal baru
5. Selanjutnya, akan ditampilkan template default model jadwal sesuai jumlah jam belajar mengajar yang telah Anda tentukan sebelumnnya.
7. Isikan data jadwal pelajaran / Tatap Muka pada tabel, klik pada kolom seperti pada gambar untuk mengisikan kegiatan
Isi kegitan tiap jam tatap muka
8. Edit kegiatan tiap jam tatap muka sesuai peraturan sekolah Anda. Pilih jenis kegiatan dan durasi kegiatan tersebut, misal hari Senin jam pertama adalah Upacara. Klik Tombol Simpan jika sudah benar.Edit kegiatan
9. Model jadwal berhasil dibuat. Ulangi langkah ke-3 untuk membuat Model Jadwal yang lainnya. Berikut contoh hasil akhir Model Jadwal yang telah dibuat.
Contoh Model Jadwal

vi. Memasukan Model Jadwal ke dalam Kelas 
1. Untuk memasukan Model jadwal yang telah Anda buat kedalam masing-masing kelas, silakan kembali ke halaman dasbor Jadwal, pilih menu Jadwal Kelas >> Lihat Jadwal Mingguan >> Klik tombol Pilih Kelas. 
jadwal-klik pilih kelas
Selanjutnya, Pilih kelas yang Anda inginkan.
jadwal-pilih kelas
2. Pilih model jadwal yang akan dimasukkan pada kelas tersebut. Klik icon gear seperti pada gambar, pilih model jadwal yang sesuai. Klik Ya  untuk melanjutkan.
jadwal-pilih model jadwal
3. Untuk memasukan mata pelajaran pada tiap jadwal jam tatap muka, klik pada kolom yang masih kosong seperti pada gambar.
jadwal-klik tambah kegiatan
4. Isikan data kegiatan yang diinginkan. Klik tombol Simpan jika sudah sesuai. Untuk pengisian mapel dengan multi guru (misal mapel Pendidikan Agama dengan multi guru), silakan lihat panduannya disini.
jadwal-isi data kegiatan baru
5. Ulangi langkah diatas  hingga semua kolom terisi dengan kegiatan tatap muka. Berikut hasil akhir pembuatan jadwal kelas mingguan.
hasil akhir jadwal mingguan (1)