Latest Tweets

Senin, 03 Juni 2013

Naskah Drama Komedi (3)

Berikut adalah salah satu contoh Naskah drama komedi untuk anak, drama perpisahan, drama pementasan, pentas seni. Semoga Bermanfaat !

“Misteri Kehilangan Yoga”

Pada suatu hari sesudah pulang sekolah, ada sebuah sahabat yaitu Farid, Virgi, Mega, dan Yoga. Dan akhir-akhir ini Yoga tidak masuk sekolah karena izin. Mereka masih curiga karena dia izin sudah beberapa lama.

*bel sekolah berbunyi*

Virgi                : “Lah rid, si Yoga mana? Kok tumben ga sama kamu?”
Mega               : “Iya rid, biasanya kamu sama Yoga terus?”
Farid                : “Dia sih waktu itu, sms aku katanya dia izin”
Mega               : “Kok izin tapi udah 4 hari ga keliatan?”
Farid                : “Tau tuh, dia sih bilang katanya om nya nikahan”
Virgi                : “Gamungkin.. Masa iya nikahan sampe 4 hari gitu sih?”
Mega               : “Mungkin om nya nikah nya berkali-kali” (pasang muka polos)
Virgi                : “Ah dasar kamu kalo ngomong gapake otak, ga masuk logika!”    
                           (sambil marah-marah)

Mega               : “Hehehe, maap ya…” (sambil garuk-garuk kepala dan nyengir)
Farid                :  (Sejenak farid diam dan mikir) “Udah kalian jangan pada berantem.
   Mending kita cari tau kenapa yoga tidak masuk akhir-akhir ini, Kita kerumah nya aja ya..”
Mega               : “Ah! Ogah ah! Ngapain sih capek-capek. Kaya gaada kegiatan lain aja”
Virgi                : “Heh mega! Kita ini kan sahabat nya. Masa kamu kaya gitu sama sahabat kamu! Ikut gak, kalo ngga ikut aku ga temenin loh” (nada   ngancam)
Farid                : “Kalian itu kerjaannya berantem terus. Udah deh virgi kita gausah                            maksa dia, tergantung kemauan mega aja.”
Mega               : “Yaudah deh aku ikut aja….” (muka pasrah)


Lalu Farid, Mega dan Virgi menuju rumah Yoga. Setelah sampai, mereka ketemu ibunya…

Farid                : “Permisi, Assalamualaikum….” (sambil ketok-ketok pintu)
Ibu Jaenab       : “Wa’alaikumsalam… Kalian siapa ya? Ada apa dating kesini?”
Farid                : “Kita ini temen-temen nya Yoga bu.. Yoga nya ada?”
Ibu Jaenab       : “Lah, bukannya yoga lagi sekolah ya?”
Virgi                : “Hah? Sekolah? Bukannya dia izin?
   4 hari yang lalu dia juga sekolah bu?” (pasang muka bingung)
Ibu Jaenab       : “Iya kok, dia sekolah. Emang ada apa ya?”
Farid                : “Lho, dia 4 hari yang lalu dia sms kepada saya katanya dia ga masuk katanya izin om nya nikahan? Apa benar bu?” (kaget karena sms Yoga tidak benar)
Ibu Jaenab       : “Hah? ga masuk? Itu tidak benar karena om nya Yoga sudah  lama menikah…”    (kaget mendengar berita itu)
Mega               : “Its not good”
Virgi                : “Hmmmm… Sekarang kita gimana nih?”
Mega               : “Kita liat aja besok, dia masuk apa ngga.. Terus pas pulang sekolah
                            kita kesini lagi”
Virgi                : “Tumben banget otak nya jalan…”
Mega               : “Hehe… Iya donggg… Mega gituuu”
Ibu Jaenab       : “Ibu minta bantuan kalian ya cari tau keaadan yoga gimana. Ibu
                            khawatir banget”
F,M,V             : “Iya bu”


Keesokan harinya setelah pulang sekolah, mereka pun belum melihat yoga. Mereka masih penasaran kenapa yoga tidak masuk… Mereka pun kerumah yoga lagi…. Dan tiba-tiba ada yang menguping pembicaraan mereka



Mega               : “Gimana bu, yoga kemarin pulang ga?”
Ibu Jaenab       : “Dia ga pulang, gimana ini?? Ibu khawatir bangetttt…”
Mega               : “Tenang bu.. Tenanggg…”
Virgi                : “Apa jangan-jangan………”
Farid                : “Apa??”
Virgi              : “Yoga nongkrong di tempat tongkrongan anak-anak nakal…” (sambil membi-
                            sikkan ke telinga farid)
Farid                : “Hah.. Gamungkin!!! (kaget lalu teriak)


Lalu ada yang menguping obrolan mereka. Yaitu deden dan furqon yang sambil merokok…

Furqon             : “Eh mereka itu siapa? Lu kenal?”
Deden             : “Oh, mereka itu temen-temennya Yoga…”
Furqon             : “Kayak nya mereka nyariin Yoga deh. Soalnya kan yoga udah kita hasut
                            buat cabut sekolah..”
Deden             : “Yo’i. Ayo deh kita ngumpetin biar ga ketauan..”

Tiba-tiba…


Virgi                : “Lho kok bau rokok? Emang ada yang ngerokok ya?”
Mega               : “Itu tuh.. Siapa tuh mereka? Kok kaya anak kampung?”
Furqon             : “Ayo kita lari den, asep rokok lu tuh bikin kita ketauan”

Lalu mereka lari karena udah tau asep rokok nya bikin mereka ketauan…

Virgi                : “Kayaknya aku tau deh mereka siapa…”
Farid                : “Oh iyaa, aku juga tau mereka itu siapa. Mereka yang terkenal bandel kan di sekolah kita… Tapi siapa ya?” (samba mengingat-ingat mereka”
Mega               : “Aku tau mereka itu Furqon sama Deden”
Farid               : “Yaudah ayo kita kejar mereka.. Siapa tau mereka ke tempat tongkrongan mereka dan siapa tau ada Yoga disana”
Virgi                : “Yaudah bu, kita pamit dulu ya. Mau ngejar mereka mumpung belom jauh..”
Ibu Jaenab       : “Iya.. Hati-hati ya”

Lalu mereka mengejar Furqon dan Deden dengan cepat. Dan saat mereka sudah sampai tempat tongkrongan mereka, mereka melihat Yoga sedang………………


Farid                : “Eh liat deh, itu bukannya Yoga ya?” (sambil nunjuk seseorang yg seperti yoga)
Virgi                : “Ih iya ya. Dia mirip yoga. Tapi, masa yoga ngerokok sama minum-minuman
                            keras sih? Mending kits ngedeket biar lebih jelas”


Setelah mendekat…………

Virgi                : “Eh yog, kamu kok kaya gini sih? Kok kamu ga kaya yang selama ini aku kenal Sih?!?!” (sambil marah-marah karena kecewa)
Yoga               : “Haha, aku males temenan sama kalian. Gak gaullll!” (matanya sayu karena efek  Minuman keras)
Farid                : “Gaul tuh caranya bukan karena maksiat kaya gini. Bisa dengan cara lain”
Yoga             : “Dengan apa hah? Dengan gua harus bilang wow gitu?” (omongannya tambah
                            Ngawur karena masih dibawah efek minuman keras)
Mega               : “Baca tabloid ‘GAUL’ yog biar gaul hehe”
Virgi                : “Heh mega malah bercanda dewasa dikit dong.”
Deden             : “Udah yog, gausah dengerin mereka. Mereka itu sesat”
Furqon             : “Bener tuh yog, mending ikutin kata-kata kita”
Farid                : “Heh kalian kalo mau berbuat hal negative kaya gini jangan ajak-ajak orang  Justru kalian yg sesat.

Virgi                : (menampar yoga) Sadar yog… sadar.. kamu masih muda… banyak hal yang
                           Harus kamu lakuin… manfaatin masa muda kamu dengan hal yang positif                      bukan dengan mabok-mabokan gini…” (lalu menangis karena terharu melihat  Yoga seperti ini…)
Yoga               : (Lalu ia merenung)
Furqon             : “Jadi gimana yog, mau ngikutin kata-kata mereka atau kita?”
Deden             : “Iya yog, kalo ngikutin kata-kata mereka, lu gabakal kalo jajan dibayarin
                            Terus”
Yoga               : “Hmmmm.. Gua….. milihhhh….. kalian deh”
Semua             : “Kalian siapa???” (semua penasaran)
Yoga               : “Kaliann… Farid, Virgi, Mega… Kita bisa sahabatan lagi kan?”
Farid                : “Masih kok… Kita kan sahabat… Yak an?”
Virgi&Mega    : “Iya yog. Kita kan sahabat… (sambil merangkul satu sama lain)

Setelah itu mereka kembali bersahabat. Dan Deden & Furqon kembali ke jalan mereka.



-TAMAT-

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More