Format
1: Evaluasi Diri Guru
Nama
Sekolah: MI Ta'limul Huda
|
Nomor
Statistik Sekolah: 12345
|
||
Alamat:
Jl. Pagar Duri 02
|
Kecamatan: Adem Ayem
|
Kabupaten/Kota: Aman Terkendali
|
|
Nama
Guru: Syukron Ma'mun S.Cam
|
Tahun
Ajaran:2014-2015
|
Tanggal:25
Juli 2014
|
|
A.
Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja Guru
|
Evaluasi diri terhadap kompetensi terkait (Kekuatan dan
kelemahan yang dimiliki guru terhadap kompetensi terkait) dalam pelaksanaan tugas utama dan
jika ada eviden (bukti) terhadap kekuatan dan kelemahan tersebut
|
||
I. Perencanaan
Pembelajaran
|
|||
1.
Kemampuan memformulasikan tujuan
pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan
memperhatikan karakteristik peserta didik
|
Saya kesulitan
dalam memahami dan menuliskan tujuan pembelajaran yang memperhatikan karakter
peserta didik
|
||
2.
Kemampuan menyusun bahan
ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhi
|
Saya belum
terbiasa menyusun bahan ajar, selama ini saya menggunakan buku dari penerbit
|
||
3.
Kemampuna merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
|
Saya sudah merencakan pembelajaran siswa aktif dan efektif
|
||
4.
Pemiilihan sumber
belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
|
Saya tidak
mengalami kesulitan dalam memilih sumber belajar, sudah menggunakan berbagai
sumber belajar/media/alat peraga dll
|
||
II. Pelaksanaan
Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif Dan Efektif
|
|||
Kagiatan Pendahuluan
|
|||
1.
Keterampilan memulai pembelajaran dengan efektif
|
saya masih
merasa kesulitan dalam memilih strategi untuk membangkitlan motivasi siswa.
Kadang masih sering tertukar kegiatan apersepsi dengan motivasi
|
||
Kegiatan Inti
|
|||
1.
Penguasaan materi pelajaran
|
Secara umum
saya tidak ada masalah dalam penguasaan materi pelajaran karena secara rutin
saya mengakses modul-modul suplemen dari P4TK
|
||
2.
Kemampuan menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang
efektif
|
Tidak ada
masalah, PAKEM sudah diterapkan, hanya saja saya masih kebingungan dalam
menuliskan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam RPP.
|
||
3.
Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
Saya sudah
menggunakan berbagai sumber belajar/ media termasuk lingkungan sebagai sumber
belajar
|
||
4.
Kemampuan memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam
pembelajaran
|
Tidak ada
masalah, karena secara situasional saya sering mengganti
formasi tempat duduk dan memperhatikan siswa secara individu, sehingga siswa
tertib dan aktif mengikuti pembelajaran
|
||
5.
Kemampuan bahasa yang
benar dan tepat dalam pembelajaran
|
Kadang-kadang
saya masih menggunakan bahasa daerah untuk memperjelas pemahaman siswa
|
||
Kegiatan Penutup
|
|||
1.
Ketrampilan mengakhiri
pembelajaran dengan efektif
|
Saya sering
lupa melakukan refleksi dan menyampaikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan yang akan datang karena diakhir pelajaran sering waktunya tidak cukup.
|
||
III. Penilaian
Pembelajaran
|
|||
1.
Perancangan alat evaluasi
untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
|
Saya masih
kebingunan memilih alat evaluasi yang sesuai dengan materi pembelajaran dan terutama menyusun alat evaluasi untuk mengukur
keberhasilan dalam ranah afektif
|
||
2.
Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP
|
Saya masih
kurang menguasai dalam menerapkan metode penilaian, umumnya saya hanya
mengambil soal dari buku atau LKS saja
|
||
3.
Pemanfaatan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan
balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran
selanjutnya
|
Saya sudah
menggunakan hasil penilaian untuk umpan balik, namun saya masih belum puas
|
||
B. Berbagai hal terkait dengan pelaksanaan
tugas utama guru
|
|||
1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi
(tugas utama guru) tersebut.
|
Secara rutin
saya berdiskusi dengan rekan sejawat dan aktif hadir di KKG untuk saling
belajar
|
||
2. Kendala yang
saya hadapi dalam memenuhi
dan mengembangkan pelaksanaan tugas utama
|
Setelah
belajar sering lupa karena saya tidak rajin
mendokumentasikan hasil kegiatan di KKG
|
||
3.
Keberhasilan yang saya capai
setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut
|
Belum banyak
keberhasilan yang saya raih, masih biasa-biasa
saja. Prestasi belajar siswa ada yang bagus, namun beberapa masih ada yang
kurang
|
||
4.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya
butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut.
|
Saya
membutuhkan materi pengembangan penilaian pembelajaran dan pemantapan dalam menyusun RPP yang sesuai dengan standar proses
|
||
C.
Kompetensi
menghasilkan Publikasi Ilmiah
|
|||
1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan
kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
|
Belum ada
|
||
2. Kendala
yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
|
Belum mencoba
dan kebingungan jika ada masalah bertanya kepada siapa
|
||
3. Keberhasilan
yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan publikasi ilmiah
|
Belum ada
|
||
4. Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi
ilmiah
|
Terus
belajar walau hasilnya kurang maksimal
|
||
D.
Kompetensi
menghasilkan Karya Inovatif
|
|||
1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan
kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
|
Saya
mengembangakan beberapa alat peraga menggunakan bahan bekas pakai dalam
membantu pemahaman siswa
|
||
2. Kendala
yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
|
Kurang
dukungan dari sekolah, terutama pendanaan
|
||
3. Keberhasilan
yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan karya inovatif
|
Belum ada
|
||
4. Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan
kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
|
Saya akan
mencoba menuliskan apa yang telah saya kerjakan, kemudian akan saya ajukan
untuk PAK
|
||
E.
Kompetensi
untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)
|
|||
1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan
kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.
|
Sudah
menggunakan TIK
|
||
2. Kendala
yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang
berkualitas.
|
LCD di
sekolah hanya satu, kadang gentian dengan guru lain, padahal sudah
dipersiapkan pembelajaran dengan TIK
|
||
3.
Keberhasilan yang saya capai
setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan
pembelajaran yang berkualitas
|
Belum ada
|
||
4.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya
butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang
berkualitas
|
Memperdalam
program-program TIK untuk pengembangan sumber belajar dan membuat media
missal tentanf flash
|
||
F.
Kompetensi
untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala
Perpustakaan, dsb)
|
|||
1. Usaha-usaha yang telah saya lakukan
untuk memenuhi dan mengembangkan
kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
Saya guru
biasa jadi belum ada
|
||
2. Kendala
yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
|||
3.
Keberhasilan yang saya capai
setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas
tambahan tersebut
|
|||
4.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya
butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
|||
Tanda tangan Guru:
|
Tanda tangan Kepala Sekolah:
|