Sunday 14 April 2013

Guru Senang, Murid pun Riang

Mengajar. Kata itu selalu saya pertanyakan. Mengajar apa? Seiring waktu, kata tadi bertambah menjadi mengajar anak usia dini. Pikiran saya langsung membayangkan, suasana ribut, tangisan dan rengekan. Ternyata semua itu benar adanya. Di sekolah tempat saya mengajar anak-anak mempunyai tingkah laku beragam. Ada yang datang ke sekolah hanya untuk bermain, ada yang dipaksa oleh orang tuanya, tapi ada pula anak yang ke sekolah atas kemauannya sendiri. Dari semua situasi itu saya melihat dan menyimpulkan bahwa suasana tersebut tidak kondusif. Suasana seperti itu membuat proses belajar tidak menyenangkan dan menjadi membosankan.

Untuk itu saya ingin mengubah
dan membuat inovasi baru dalam proses pembelajaran. Saya berharap anak mempunyai keinginan dari dalam dirinya sendiri untuk pergi ke sekolah dan menerima pelajaran, tanpa ada paksaan dari siapa pun.

alam proses pembelajaran saya menyisipkan permainan – permainan yang disukai anak sesuai dengan tema pembelajaran, agar suasana tidak menjadi membosankan. Disaat anak sudah mulai jenuh belajar dengan kegiatan di dalam kelas, saya membawa anak-anak belajar di alam terbuka. Karena anak usia dini memang lebih cepat jenuh dengan situasi yang itu-itu saja. Sesekali apabila anak mau mencoba menjawab pertanyaan atau menampilkan bakatnya di depan teman-temannya, maka dia bisa kita beri (hadiah), agar anak tersebut merasa dia diperhatikan dan dipedulikan. Sehingga anak-anak mau dan mempunyai keinginan sendiri dari dalam dirinya untuk belajar.

Tetapi semua ini tidak akan terlaksana dengan baik apabila tidak ada kerja sama antara pendidik dengan wali murid. Apabila wali murid tidak mendukung program yang telah direncanakan sekolah, maka program ini tidak akan berjalan dengan baik. Jadi progam tersebut harus direncanakan sebaik mungkin, agar berlangsung sesuai dengan yang diharapkan.

Setelah suasana menarik dan menyenangkan tercipta, anak-anak dengan sendirinya akan mempunyai keinginan belajar. Melihat anak-anak antusias dan riang datang serta belajar di sekolah, saya sebagai pendidik juga merasa senang dan puas bisa melihat keriangan anak-anak didik tersebut.

sumber : wapikweb