Monday 29 April 2013

Dengan Game Smart Case, Belajar Biologi Jadi Seru!

Pembelajaran IPA-Biologi yang menggunakan bahasa asing (Latin) dan bilingual bagi siswa RSBI menjadi menakutkan bagi banyak siswa. Saya sebagai guru IPA-Biologi juga merasakan adanya kejenuhan siswa belajar di kelas. Siswa menyambut gembira ketika ditawarkan belajar di luar kelas. Akhirnya saya mendapatkan variasi pembelajaran dengan Game Smart Case yang dilaksanakan di luar kelas dan sesuai dengan kecerdasan masing-masing siswa (kinestetik, auditori dan visual).

Pembelajaran dengan Game Smart Case pada materi “Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan” memerlukan persiapan berupa: soal-soal untuk materi prasyarat, nomor undian yang dimasukkan dalam case, Kartu Pintar dan reward. Kartu pintar berisi gambar tentang materi kajian dan soal dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.


Contoh Kartu Pintar
Awalnya siswa yang sudah terbagi dalam enam kelompok wajib menjawab soal prasyarat yang Saya bacakan. Bagi kelompok yang menjawab benar Saya berikan nomor undian yang ditukar dengan Kartu Pintar, Kemudian siswa berdiskusi menjawab soal di Kartu Pintar secara bergiliran, Setiap kelompok mendapatkan reward berupa bintang bagi yang jawabannya benar. Setelah game berakhir perolehan bintang masing-masing kelompok dihitung. Kelompok terbaik mendapat reward berupa souvenir. Demikian seterusnya Saya lakukan sampai tiga game. Setelah game ke-tiga berakhir, Saya memberikan penguatan terhadap materi terutama yang dijawab tidak sempurna. Selanjutanya Saya melakukan postest.

Reward bagi kelompok terbaik ternyata mengundang minat kelompok lain untuk menjadi kelompok terbaik pada game selanjutnya. Mereka senang agar dapat mengalahkan kelompok lainnya. Pembelajaran dengan Game Smart Case juga meningkatkan hasil belajar siswa dan ketertarikan belajar IPA-Biologi meskipun menggunakan bahasa asing (Latin) dan bahasa pengantar bilingual.