Monday 29 April 2013

Membuat Lampu Belajar dan Lampu Tidur sendiri

Membuat Lampu Belajar dan Lampu Tidur sendiri



Gambar skema rangkaian listrik

Pelajaran fisika tentang listrik sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali siswa belum mengerti apa yang dipelajari di sekolah sebenarnya mampu mereka aplikasikan di kehidupan sehari-hari di rumah. Semisal, ketika terdapat lampu kamar padam tidak bisa memperbaiki, panik ketika terjadi korseleting listrik, dan sebagainya. Praktik ini mendekatkan siswa antara belajar fisika dan kehidupan sehari-hari.

Pada kegiatan belajar kali ini, siswa dipandu membuat lampu belajar sekaligus lampu tidur menggunakan rangkaian kombinasi seri - paralel (seperti gambar di atas). Bahan dan alat yang digunakan adalah : 2 buah lampu pijar dengan daya sama, 2 buah saklar, 1 buah fitting, kabel listrik secukupnya,2 buah dudukan lampu, papan rangkaian dari triplek atau sejenisnya, isolasi, obeng, gunting.

Cara Kerja :
1. Siswa diminta untuk membuat rangkaian seperti pada gambar
2. Siswa mengamati nyala lampu,bila saklar 1 dipasang dan saklar 2 dibuka,bagaimana nyala kedua lampu? Pada kondisi ini
    lampu dapat difungsikan untuk tidur atau belajar? siswa diminta untuk menjelaskannya.
3. Siswa mengamati lampu bila kedua saklar dipasang, bagaimana nyala lampu 1 dan bagaimana kondisi lampu 2, lampu
    dapat difungsikan untuk tidur atau belajar?
4. Siswa diminta membuat kesimpulan dan mempresentasikan hasil kerjanya.
Dengan kegiatan praktik langsung semacam ini, siswa mendapat pemahaman bahwa yang dipelajari di sekolah ada kaitannya dengan kehidupan di luar sekolah. Sehingga mereka lebih termotivasi ketika belajar di sekolah.