Monday 29 April 2013

TATA TERTIB PENGAWAS RUANG UN



TATA TERTIB PENGAWAS RUANG UN

1.    PERSIAPAN UN

a.    Empat puluh lima (45) menit sebelum ujian dimulai, Pengawas Ruang UN telah hadir di lokasi sekolah/madrasah penyelenggara UN
b.    Pengawas Ruang UN menerima penjelasan dan pengarahan dari Ketua Penyelenggara UN Tingkat Sekolah/Madrasah
c.    Pengawas Ruang UN menerima bahan UN yang berupa Naskah Soal UN, LJUN, Amplop LJUN, Daftar Hadir, dan Berita Acara Pelaksanaan UN

2.    PELAKANAAN UN

a.    Pengawas Ruang UN masuk ke dalam ruang UN 20 (dua puluh) menit sebelum waktu pelaksanaan dan memeriksa kesiapan ruang ujian
b.    Pengawas Ruang UN meminta peserta UN untuk memasuki ruang UN dengan menunjukkan kartu peserta UN dan menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan.
c.    Pengawas Ruang UN memeriksa setiap peserta UN untuk tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasi elektronik, handphone (HP), kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang UN kecuali alat tulis yang akan dipergunakan
d.   Pengawas Ruang UN membacakan tata tertib UN
e.    Pengawas Ruang UN meminta peserta ujian menandatangani daftar hadir UN
f.     Pengawas Ruang UN membagikan LJUN kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta UN (nomor ujian, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan) sebelum waktu UN dimulai.
g.    Setelah seluruh  peserta UN selesai mengisi identitas, Pengawas Ruang UN membuka amplop soal, memeriksa kelengkapan bahan ujian, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta ujian.
h.    Pengawas Ruang UN membagikan naskah soal UN dengan cara meletakkan di atas meja peserta UN dalam posisi tertutup (terbalik). Peserta UN tidak diperkenankan untuk menyentuhnya sampai tanda waktu UN dimulai.
i.      Pengawas Ruang UN mengecek kelengkapan soal UN.
j.      Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, Pengawas Ruang UN mempersilahkan peserta UN untuk mulai mengerjakan soal dan mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal.
k.    Kelebihan naskah soal UN selama ujian berlangsung tetap disimpan di ruang ujian.
l.      Selama UN berlangsung, Pengawas Ruang UN wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang ujian, memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan, serta melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang UN.
m.  Pengawas Ruang UN dilarang memberi isyarat, petunjuk berupa apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal yang diujikan.
n.    Lima (5) menit sebelum waktu UN selesai, Pengawas Ruang UN memberi peringatan kepada peserta UN bahwa waktu tinggal 5 (lima) menit.
o.    Setelah waktu ujian selesai, Pengawas Ruang UN mempersilahkan peserta untuk berhenti mengerjakan soal. Pengawas Ruang UN mengumpulkan LJUN dan Naskah Soal UAMBN. Peserta UN dipersilahkan meninggalakan ruang ujian, setelah pengawas menghitung jumlah LJUN sama dengan jumlah peserta UN.
p.    Pengawas Ruang UN menyusun secara urut LJUN dari nomor peserta terkecil dan memasukkannya ke dalam amplop LJUN disertai dengan Daftar hadir Peserta, dan kemudian ditutup dan dilak serta ditanda tangani oleh Pengawas Ruang UN di dalam ruang ujian.
q.    Pengawas Ruang UN menyerahkan LJUN dan naskah Soal UN kepada penyelenggara UN tingkat Sekolah/Madrasah disertai dengan berita acara pelaksanaan UN.