Tuesday, 7 May 2013

Format Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru



1.      Format 2: Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru
Nama Sekolah:
Nomor Statistik Sekolah:
Alamat:
Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Nama Guru:
Tahun Ajaran:
Tanggal:
A.       Kompetensi
Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan kompetensi terkait
Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
1
2
3
4
5
6
a
b
I. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.      Kemampuan memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik








2.        Kemampuan menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhi












3.        Kemampuna merencanakan kegiatan pembelajaran yang  efektif












4.        Pemiilihan  sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran












II. KEGIATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
Kagiatan Pendahuluan








1.        Ketrampilan memulai pembelajaran dengan efektif












Kegiatan Inti








1.        Penguasaan materi pelajaran












2.        Kemampuan menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif












3.        Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran













4.        Kemmpuan memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran













5.        Kemampuan  bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran












Kegiatan Penutup








1.        Ketrampilan  mengakhiri pembelajaran dengan efektif












2.        Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat












III. PENILAIAN PEMBELAJARAN








1.        Perancangan  alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik












2.        Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP












3.        Pemanfaatan  berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya













B.   Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah













C.   Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif













D.   Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)













E.    Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb)













Tanda tangan Guru:



Tanda tangan Kepala Sekolah: