Saturday 25 May 2013

Contoh Pidato Isra' Mi'raj untuk anak

Assalamualaikum wr wb,


["Alhamdulillahi robbil alamin, wasshalaatu wassalaamu alaa asrafil anbiyaa' i  wal mursaliin wa'ala aalihi wasohbihi ajma'in, (amma ba'du)" keterangan : tulisan arab di atas disebut 'mukaddimah', boleh dibaca maupun tidak.]

Bapak, Ibu, dan teman-teman pendengar yang saya hormati, nama saya [sebutkan nama sendiri] , siswa kelas .. MI/SD, akan  menyampaikan uraian hikmah tentang  Perintah utama dalam Isra' Mi'raj.

Hadirin yang di muliakan Allah,

Dari peristiwa Isra' Mi'raj, Rasulullah SAW mendapat perintah yang diturunkan Allah SWT untuk mengerjakan sholat wajib 5 waktu.

“Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami pertihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat” (Q.S.Al-Israa’:1)

Apa sholat itu dan maknanya?
Makna dari sholat yang berarti doa. Sedangkan menurut istilah shalat bermakna serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.


Dalam setiap gerakan dalam sholat selalu diisi dengan doa, diisi dengan zikir, dan kalau kita memahami setiap bacaan yang diucapkan, kita benar-benar diposisikan sebagai seorang hamba yang tahu diri. Benar, tahu diri akan kelemahan dirinya, tahu diri karena adanya Sang Pencipta sebagai tempat mengadu atas segalanya.

Dilihat dari sisi kesehatan, bersujud dengan tenang akan melancarkan peradaran darah hingga ke otak. dan itu dilakukan setiap muslim minimal 17 kali dalam sehari. Subhanallah memang perintah Allah, tak hanya menghadiahi gerakan indah dalam sholat, namun dipadati dengan nilai plus bagi kesehatan diri dan gizi rohani.

Yuk kita gunakan oleh-oleh Isra' Mi'raj ini sebaik-baiknya sesuai dengan segala petunjuk tata cara Rasulullah SAW sebagai figur pengejawantah perintah Allah SWT.

Semoga Sholat kita semakin khusuk. InsyaAllah, amin ...

Waalaikumussalam wr wb

Sumber dari sini